Translate

 
Jumat, 17 Agustus 2012

Modul Melakukan perawatan PC


BAB I
PENDAHULUAN
A. DESKRIPSI JUDUL
Modul Melakukan perawatan PC merupakan modul teori dan atau praktikum yang membahas tentang langkah-langkah yang diperlukan untuk perawatan PC dimulai dari persiapan yang diperlukan sampai dengan pelaporan hasil perawatan PC.
Modul ini terdiri dari 4 (empat) kegiatan belajar, yaitu membahas tentang menyiapkan perawatan PC, melakukan perawatan PC, memeriksa hasil perawatan PC dan melakukan tindakan korektif serta melaporkan hasil perawatan PC. Dengan menguasai modul ini diharapkan peserta diklat mampu melakukan perawatan PC.
B. PRASYARAT
Kemampuan awal yang dipersyaratkan untuk mempelajari modul ini adalah :
1) Peserta diklat telah lulus modul / materi diklat Melakukan perbaikan dan/atau setting ulang sistem PC ( HDW.MNT.203.(2).A)
2) Peserta diklat mampu menggunakan alat ukur listrik
3) Peserta diklat mengetahui konfigurasi dan spesifikasi perangkat PC, termasuk komponen pada bagian input, proses dan output.
4) Peserta diklat mengetahui cara kerja komponen/periferal yang memerlukan perawatan.
5) Peserta diklat mengetahui tujuan, prosedur dan cara penggunaan peralatan untuk perawatan.

C. PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL
1. Petunjuk Bagi Siswa
Siswa diharapkan mampu berperan aktif dan berinteraksi dengan sumber belajar yang mendukungnya, karena itu harus diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
a. Langkah – langkah Belajar
Untuk menjadi lebih kompeten dan profesional dalam pekerjaan perawatan PC, maka Anda harus mencermati beberapa hal berikut :
1) Apa yang harus disiapkan dalam melakukan perawatan PC ?
2) Apa yang harus dilakukan dalam perawatan PC ?
3) Bagaimana memeriksa hasil perawatan PC secara fisik maupun menggunakan software utilitas ?
4) Bagaimana melakukan tindakan korektif dan membuat laporan perawatan PC ?
b. Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan
Untuk menunjang keselamatan kerja dan kelancaran tugas yang akan Anda lakukan, maka persiapkanlah seluruh perlengkapan yang diperlukan sesuai dengan jenis tugas pada masing-masing kegiatan pemelajaran.
c. Hasil Pelatihan
Anda akan mampu melakukan tugas/pekerjaan perawatan PC.
2. Peran Guru
Guru yang akan mengajarkan modul ini hendaknya mempersiapkan diri sebaik-baiknya yaitu mencakup aspek strategi pemelajaran, penguasaanmateri, pemilihan metode, alat bantu media pemelajaran, dan perangkat evaluasinya.
D. TUJUAN AKHIR
1. Peserta diklat mampu menyiapkan perlengkapan untuk perawatan PC
2. Peserta diklat mampu melakukan perawatan PC
3. Peserta diklat mampu memeriksa hasil perawatan PC
4. Peserta diklat mampu melakukan tindakan korektif dan melaporkan hasil
perawatan PC.

BAB II
KEGIATAN BELAJAR

1. Kegiatan Belajar 1: Menyiapkan perawatan PC
a. Tujuan Kegiatan Pemelajaran
Setelah mempelajari kegiatan belajar ini peserta diklat mampu mempersiapkan bahan dan peralatan yang digunakan untuk melakukan perawatan sesuai dengan komponen.
b. Uraian Materi 1
1) Pendahuluan
Periferal komputer merupakan peralatan pendukung dari sebuah PC. Sebuah PC terdiri dari beberapa komponen, dimana masing masing komponen memiliki fungsi tersendiri yang akan saling berkaitan. Walaupun komponen PC terletak dalam sebuah case komputer namun masih banyak kotoran yang dapat mengganggu fungsionalitas komponen baik dari debu maupun sarang serangga. Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan dan bahan yang sederhana seperti :
· Penyedot debu mini
· Kain kering atau tisu
· Cairan pembersih / cleaner
· Disk cleaner
· Cd Cleanet
Sedangkan untuk alat perlu disediakan:
· Obeng
· Tang
· Kuas

2) Bahan atau peralatan untuk membersihkan komponen PC
a) Penyedot Debu Mini
Penyedot debu mini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu lebih mudah dan lebih bersih. Pada ujung penyedot debu mini dilengkapi dengan sikat dengan ukuran yang beragam dimaksudkan untuk menyesuaikan luas sempitnya sudut-sudut pada komponen. Alat ini sangat tepat digunakan untuk membersihkan rangkaian di mainboard dan di sudutsudut casing komputer.

b) Kain Kering Atau Tisu dan Cairan Pembersih
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat softdrink, tinta atau air hujan yang masih segar atau belum mengering. Kotoran cair sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena jenis kotoran ini dapat menghantarkan arus sehingga dapat mengakibatkan hubungan pendek atau kerusakan fatal pada komponen PC. Sedangkan Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah mengering seperti
percikan dari tinta printer.

c) Kuas
Kuas merupakan peralatan yang digunakan untuk membersihkan debu atau sarang serangga. Selain itu kuas juga digunakan untuk membersihkan debu-debu yang menutup pada fentilasi casing. Kuas dapat juga digunkan untuk membersihkan motherboard dan sirip heatsink pada prosessor.

d) Disk Cleaner
Disk cleaner digunakan untuk membersihkan head dari diskdrive dari pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada head floopy drive. Disk cleaner terdiri dari cairan pembersih dan floopydisk yang piringannya diganti dengan kertas tisu.



e) CD Cleaner
CD cleaner prinsip kerjanya sama dengan disk cleaner yaitu dengan menggosok bagian yang berdebu atau kotor dengan cairan pembersih dengan memanfaatkan putaran. Beda cd cleaner dengan disk cleaner hanya terletak pada bentuknya yaitu pada cd cleaner menggunakan sikat kecil atau sirip yang dipasang pada disk.

f) Obeng
Obeng merupakan peralatan penting bagi para teknisi komputer, karena dengan alat inilah teknisi mampu membuka dan melepas komponen dalam PC.


g) Tang
Jenis tang untuk keperluan teknisi dalam melakukan perawatan komponen PC adalah tang cucut dan tang kombinasi. Tang cucut banyak digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper yang kecil. Sedangkan untuk tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluan lainnya.


Rangkuman
Walaupun komponen PC terletak dalam sebuah casing komputer namun masih banyak kotoran yang dapat mengganggu fungsionalitas komponen baik dari debu maupun sarang serangga. Untuk membersihkan kotoran tersebut dapat digunakan peralatan dan bahan yang sederhana seperti :
1) Penyedot debu mini
2) Kain kering atau tisu
3) Cairan pembersih / cleaner
4) Disk Cleaner
5) CD Cleaner
Sedangkan untuk alat perlu disediakan:
1) Obeng
2) Tang
3) Kuas

 Untuk pembahasan lebih lanjut tentang Modul Melakukan perawatan PC, anda dapat mendownload disini.

1 komentar:

Dimas afan mengatakan...

Thanks berat gan,sangat bermanfaat,saya suka isi dan desain blognya ;-)
Jangan lupa kunjungi juga ya blog saya di http://dimasgustimaulana.blogspot.com/
thanks :-)

Posting Komentar

Breaking News

« »
« »
« »
Get this widget

Updates Via E-Mail